KUNCI KEBERSIHAN: PENGALAMAN TAMU DI AREA PUBLIK HOTEL ROS IN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.70018/mb.v6i1.95Keywords:
Kebersihan, Pengalaman, Area Publik, HotelAbstract
Kebersihan area publik merupakan salah satu kunci untuk menciptakan pengalaman tamu di Hotel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebersihan area publik di Hotel Ros In Yogyakarta dalam menciptakan pengalaman positif tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan pengalaman positif yang diperoleh tamu terhadap kebersihan area publik Hotel Ros In Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara mendalam kepada empat tamu yang menginap di Hotel Ros In dalam waktu tiga bulan terakhir yaitu Februari hingga Maret 2025. Penelitian ini juga melakukan observasi langsung selama tiga bulan di tiga area publik Hotel Ros In Yogyakarta yaitu lobi, restoran, dan meeting room. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi ditemukan bahwa kebersihan di tiga area publik Hotel Ros In Yogyakarta sangat berperan dalam membentuk pengalaman positif tamu. Empat tamu yang merasakan kebersihan optimal area publik Hotel Ros In Yogyakarta cenderung memberikan penilaian positif terhadap keseluruhan pengalaman menginapnya. Hasil observasi juga memperlihatkan adanya kebersihan yang terjaga dengan baik di tiga area publik Hotel Ros In Yogyakarta. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah manajemen hotel harus selalu menjaga kebersihan area publik hotel secara konsisten untuk menciptakan citra hotel melalui pengalaman positif tamu selama menginap.
Downloads
References
Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: CV Syakir Media Press.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggraini, F. D. & Rahmayanti, S. Z. (2023). Strategi Food and Beverage Department dalam Upaya Menarik Tamu Guna Meningkatkan Pendapatan di Hotel Horaios Malioboro. Mabha Jurnal, 4(1), 11-23. https://doi.org/10.70018/mb.v4i1.56
Artha, I. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Fisik Dan Pengalaman Kerja di Kayumanis Sanur Private Villa & Spa (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Astawa, I. K., Budarma, I. K., & Widhari, C. I. S. (2021). Manajemen Supervisi Hotel: Orientasi Green Hospitality Business Practices. Penerbit NEM.
Astuti, R. P., & Nisa, K. (2020). Pengaruh Fasilitas Hotel & Kualitas Pelayanan Departemen Pemasaran terhadap Kepuasan Tamu di Syariah Hotel Solo. Mabha Jurnal, 1(1), 59-82. https://doi.org/10.70018/mb.v1i1.18
B. Joseph Pine II & James H. Gilmore. (1999). The Experience Economy : work is Theatre and Every Business a Stage, Harvard Business School Press, Boston.
Fradiana, I. G. S., Arthini, N. N. S., & Wulan, A. A. I. R. S. (2023). Preferensi Tamu Terhadap Pelayanan Room Attendant di Four Points by Sheraton Bali, Ungasan. Journal of Hospitality Accommodation Management (JHAM), 2(2), 77-86.
Hamsal, M., & Abdinagoro, S. B. (2021). Sustainable Tourism Pariwisata Wisata di Era Normal Baru. Scopindo Media Pustaka.
Hananto, K. (2023). Persepsi Tamu Terhadap Penggunaan Teknologi di Hotel-Hotel Yogyakarta Menuju Pariwisata Cerdas. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(3), 328-339.
Kusuma, I. K. B. J., & Semara, I. M. T. (2023). Peranan Housekeeping dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Tamu di Hotel. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 2(12), 2663-2672.
Martina, E. (2019). Kinerja Public Area Attendant di Saat Full Event Di Hotel Batiqa Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(2), 177-184.
Mufidah, A. Z. (2021). Strategi Pemasaran Hotel Harris Barelang dan Golden View Batam Hotel.
Mularsari, A. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata di Bidang Jasa Pelayanan Hotel Roosseno Plaza Jakarta Di Masa New Normal Era. Turn Journal, 2(1), 17-30.
Rahmafitria, F. (2019). Eco-resort dan green hotel di indonesia: model sarana akomodasi yang berkelanjutan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 11(2), 13-34.
Rianty, S. P., & Prastian, A. N. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Sari Ater Kamboti. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(4), 2566-2573.
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., ... & Sulistiana, D. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.
Singgalen, Y. A. (2024). Hotel Customer Satisfaction: A Comprehensive Analysis of Perceived Cleanliness, Location, Service, and Value. Journal of Business and Economics Research (JBE), 5(3), 352-369.
Spence, C. (2022). Sensehacking the guest’s multisensory hotel experience. Frontiers in Psychology, 13, 1014818.
Zulfikar, I. A., Savitri, F. M., Sahab, M., Lila, S. V., & Tuhu, K. H. (2023). Implementasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Perusahaan Dan Manfaatnya. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran (JUMPER), 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mabha Jurnal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
 
						 
							








