PENANGANAN RESERVASI KAMAR OLEH TELEPON OPERATOR DALAM OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA

Authors

  • Dwi Endaryanti Akademi Pariwisata Indraphrasta
  • Ade Riawan Akademi Pariwisata Indraphrasta

DOI:

https://doi.org/10.70018/mb.v5i1.72

Keywords:

Reservasi Kamar , Telepon Operator, Departemen Front Office

Abstract

Hotel merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari industri perhotelan yang berperan dalam menyediakan akomodasi bagi wisatawan, pelancong, pebisnis, dan lainnya. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan tamu, hotel memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang operasional, salah satunya adalah layanan telepon operator dalam Departemen Front Office. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengeksplorasi proses reservasi kamar yang meliputi pemesanan dan pembatalan kamar, termasuk tantangan yang dihadapi dalam berkomunikasi dengan tamu oleh telepon operator dalam operasional Front office Hotel Grand Tjokro Yogyakarta.

Metode penelitiannya melalui pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data secara observasi partisipatif dan wawancara kepada telepon operator. Temuannya terdapat kompleksitas tugas telepon operator dalam mengelola reservasi kamar yang meliputi pemesanan dan pembatalan kamar. Penanganannya dilakukan dengan pengembangan strategi dalam memperkuat keterampilan komunikasi telepon operator dan meningkatkan efisiensi dalam proses pemesanan dan pembatalan kamar. Kesimpulannya adalah tugas telepon operator dalam mengelola reservasi kamar memiliki tingkat kompleksitas yang signifikan, sehingga diperlukan pemahaman tentang prosedur reservasi dan keterampilan komunikasi yang kuat untuk mengatasinya. Pengalaman kerja juga memengaruhi penanganan reservasi kamar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, M. R. W., Sukayasa, I. N., dan Adiningrat, G. P. 2023. Penanganan Reservasi Kamar Di Hotel Holiday Inn Resort Bali Nusa Dua (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Bali).

Anden, T. E. 2021. Masa Depan Industri Pariwisata Kota Palangka Raya (Perspektif dan Solusinya). Jurnal Penelitian UPR. Vol.1, No.1, 9-16.

Bagyono. 2016. Teori Dan Praktik Hotel Front Office. Bandung: Alfabeta.

Bakker, A., Demerouti, E. dan Halbesleben, J. R. 2015. Productive and Counterproductive Job Crafting: A Daily Diary Study. Journal of Occupational Health Psychology, 457-469.

Bovier, E. I. P. dan Nova, M. 2023. Etika Pelayanan dalam Menghadapi Karakteristik Tamu di Departemen Front Office. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis. Vol.2, No.9, 2073-2078.

Lamberthus, F. 2020. Peran Telepon Operator Terhadap Pelayanan Tamu Di Hotel Fairfield by Marriot Surabaya (Doctoral Dissertation, Universitas Airlangga).

Nugraha, R. N. dan Ananda, A. 2022. Peran Reception Dalam Memberikan Pelayanan Prima Kepada Pengunjung Hotel Mercure Jakarta Pantai Indah Kapuk. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel. Vol.6, No.1, 283-290.

Randa, R. 2021. Sistem Informasi Reservasi Room Karaoke Berbasis Web Pada Ayu Ting Ting Karaoke Keluarga Belitung (Doctoral Dissertation, Univeristas Komputer Indonesia).

Sanjaya, I. W. K., Astina, M. A., Muliadiasa, I. K., Asmawih, A. dan Purnamasari, M. 2023. Analisis Variabel Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy Pada Departemen Front Office Guna Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Harris Hotel Deanpasar. Jurnal Manajemen Dirgantara. Vol.16, No.1, 213-220.

Selamet, I. W. A. dan Sumadi, I. G. 2021. Peran Reservasi Dalam Meningkatkan Penjualan Kamar di Tijili Seminyak Hotel. In Journey: Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management. Vol.2, No.3, 321-340.

Setyawan, Heri dan Wijayanti, Ani. 2014. Standar Operasional Reservation Section di Cakra Kusuma Hotel Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata dan Budaya. Vol.V, No.2, 25-34.

Yohanes, L. W. 2018. Prosedur dan Tata Cara Telepon Operator Dalam Melayani Tamu di Hotel Santika Mataram (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Yusanto, Y. 2020. Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (jsc). Vol.1, No.1, 1-13.

Published

31-05-2024

Issue

Section

Artikel