PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK, DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI CLOSE UP DI KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.70018/mb.v5i1.75Keywords:
Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian pasta gigi Close Up di Kota Madiun. Selain itu, untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel tersebut secara parsial terhadap keputusan pembelian pasta gigi Close Up di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan 100 sampel yang diambil dari konsumen pasta gigi Close Up di Kota Madiun yang pengambilan sampelnya menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pasta gigi Close Up di Kota Madiun. Asosiasi merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pasta gigi Close Up di Kota Madiun. Loyalitas merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pasta gigi Close Up di Kota Madiun. Persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pasta gigi Close Up di Kota Madiun. Pengaruh tersebut sebesar 0,524 atau 52,4%.
Downloads
References
Aaker. 1991. Managing Brand Equity. New York: The Free Press.
Aaker. 2019. Kesadaran Merek, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Produk atau Jasa. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol.23, 18–23. http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v10i2.712.
Astuti dan Cahyadi. 2007. Perceived Quality, Loyalitas Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Ekonomi, Vol.21, 22–26. http://dx.doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714.
Durianto, dkk. 2018. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Garvin. 2021. Pengaruh Persepsi Kualitas, Harga dan Diskon Terhadap Pembelian Sabun Mandi Citra. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol.23. http://dx.doi.org/10.12928/fokus.v12i2.6671.
Ghozali, Imam. 2018. Uji Penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian. Jakarta: Erlangga Media.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.
Mulyanto. 2021. Aspek Keputusan Pembelian Ulang. Ekonomi Pemasaran, 78 (Pembelian). Bandung: Grafika Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mabha Jurnal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.