PARTISIPASI COFFEE SHOP SEBAGAI RUANG KREATIF DALAM MENDORONG PARIWISATA BUDAYA DI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.70018/mb.v5i2.88Keywords:
Coffee Shop, Ruang Kreatif, Pariwisata Budaya, YogyakartaAbstract
Coffee shop merupakan ruang usaha yang memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai tempat komersial untuk menikmati kopi dan sebagai platform bagi ekspresi seni, budaya, dan interaksi sosial yang menggabungkan nilai lokal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi partisipasi coffee shop sebagai ruang kreatif dalam mendukung pariwisata budaya yang menjadi ruang terbuka bagi semua kalangan di Kota Yogyakarta. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam perspektif pemilik dan pengelola serta pengunjung terhadap fungsi coffee shop sebagai media interaksi komunitas kreatif serta kontribusinya dalam mendorong pariwisata wisata budaya di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara dan observasi di dua coffee shop di Yogyakarta yaitu di Kéne Coffee dan Cylo Kopi dengan melibatkan dua pemilik dan empat pengunjung.
Inisiatif coffee shop dalam membantu meningkatkan daya tarik wisata dan berperan dalam melestarikan warisan budaya lokal melalui keterlibatannya langsung dengan komunitas kreatif dapat menjadi bukti bahwa sektor kuliner dan industri kreatif dapat bersinergi secara efektif untuk mendukung pariwisata berkelanjutan serta memperkuat identitas budaya lokal di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa coffee shop di Yogyakarta telah berkembang menjadi ruang kreatif yang rutin menyelenggarakan berbagai acara budaya, seperti pameran fotografi sejarah Kota Yogyakarta dan lokakarya budaya. Temuan ini menegaskan pentingnya peran coffee shop dalam memperkuat pariwisata berbasis budaya di Yogyakarta sekaligus berfungsi sebagai agen pelestarian dan promosi budaya lokal.
Downloads
References
Adhitya, B. 2021. Home Coffee Shop-Inspirasi Membangun Kedai Kopi Mungil di Teras Rumah. Bima Adhitya.
Basri, H., dan Subarjo, N. R. 2024. Pengaruh Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Coffee Shop di Foresthree Coffee Transyogi). Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 5(1), 208-222.
Damardjati, R.S. 2001. Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramit.
Dash, S. P., dan Thilagam, N. L. 2023. “Creative placemaking”: a conceptual model fostering social cohesion in community spaces within residential environments. Creativity Studies, 16(2), 541-564.
Dewi, B. P., Hermawan, H., dan Afif, F. 2024. Generation Z and Coffee Tourism Trends: Preferences, Experiences, and Potential in Yogyakarta. Gastronary, 3(2), 82-94.
Febrianti, A. R. 2022. Tinjauan Aspek dan Potensi Pajak Penghasilan Sektor Usaha Coffee Shop di Kota Malang (Doctoral dissertation, Politeknik Keuangan Negara STAN).
Ferreira, J., Ferreira, C., dan Bos, E. 2021. Spaces of consumption, connection, and community: Exploring the role of the coffee shop in urban lives. Geoforum, 119, 21-29.
Hadi, W., dan Widyaningsih, H. 2020. Implementasi Penerapan Sapta Pesona Wisata Terhadap Kunjungan Wisatawan Di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(2), 127-136.
Haristianti, V., Raja, M. T. M., dan Putri, C. T. 2021. Analisis Faktor Kebetahan Pengunjung Coffee Shop Melalui Penilaian Kinerja Elemen Interior. Studi Kasus: Kafe dan Coffee Shop di Kawasan LRE Martadinata, Bandung. Jurnal Arsitektur Zonasi, 4(2), 196-209.
Manurung, S. S., Mita, M. M., Lase, A., Azmi, C., Aisyah, S., dan Putriana, A. 2023. Sosialisasi Penerapan Paket Wisata Budaya Lokal Sebagai Atraksi Wisata Alternatif Di Desa Huta Tinggi Kabupaten Samosir. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 1(6), 59-70.
Nisa, A., Widhiasti, M. R., dan Dewi, E. P. 2022. Indoor to outdoor: Transformation of coffee shops in Jakarta. International Journal of Built Environment and Scientific Research, 6(1), 17-32.
Pangestu, P. 2024. Perbedaan Burnout Pada Karyawan Coffee Shop Dan Non Coffee Shop Di Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Psikologi).
Putri, J. A., Mistriani, N., Octafian, R., Setyaningtyas, M., Hibatullah, G. H., dan Hidayah, K. 2024. Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Kearifan Lokal Terhadap Minat Berkunjung Di Desa Wisata Kandri Kota Semarang. NAWASENA: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 3(1), 21-30.
Prianta, P. A., dan Sulistyawati, A. 2023. Cita Rasa Kuliner Generasi Z Bali Untuk Menyukseskan Program Pariwisata Budaya Berkelanjutan. INSPIRE: Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event, 1(2), 113-131.
Riswanto, A., Zafar, T. S., Sunijati, E., Harto, B., Boari, Y., Astaman, P., ... dan Hikmah, A. N. 2023. EKONOMI KREATIF: Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Septeadi, A. 2023. Analisis Strategi Pemasaran Syariah Pada Bisnis Food Truck Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Seyitoğlu, F., dan Alphan, E. 2021. Gastronomy tourism through tea and coffee: travellers’ museum experience. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 15(3), 413-427.
Siska, A., Sugiharto, F. B., dan Anwar, M. F. N. 2024. Pewarisan Kearifan Lokal Tari Jonggan Suku Dayak Kanaytn di SDN 05 Seba Kalimantan Barat (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi).
Sugiyanti, L., Dewi, R. S., dan Wijaya, I. S. 2023. Strategi Pengembangan Produk Inovatif Bagi UMKM Bima Cafe. Masarin, 1(3), 111-123.
Suminto, M. A. 2018. Identitas Kelas dalam Desain Visual Warung Kopi di Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Waruwu, M. 2023. Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mabha Jurnal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
 
						 
							








