DINAMIKA KOMUNIKASI FOOD AND BEVERAGE SERVICE DAN KITCHEN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN HOTEL GRAND DIAMOND YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.70018/mb.v6i1.94Keywords:
Komunikasi, Kualitas Pelayanan, Food and Beverage Service, Kitchen, HotelAbstract
Food and Beverage Service dan Kitchen merupakan dua bagian dalam industri perhotelan yang saling berkaitan karena berpengaruh kuat terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami dinamika komunikasi yang terjadi antara Food and Beverage Service dan Kitchen di Hotel Grand Diamond Yogyakarta dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara dengan staf dari bagian Food and Beverage Service dan Kitchen yang berjumlah empat orang. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa dinamika komunikasi antara Food and Beverage Service dan Kitchen di Hotel Grand Diamond Yogyakarta dipengaruhi oleh dua faktor yaitu penggunaan teknologi komunikasi dan persepsi individu terhadap peran masing-masing bagian yang berpengaruh pada peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini berkontribusi untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai kompleksitas dinamika komunikasi interbagian dalam industri perhotelan, khususnya bagian Food and Beverage Service dan Kitchen yang merupakan dua bagian penting dalam operasional hotel. Implikasi praktis penelitian ini dapat digunakan oleh Hotel Grand Diamond Yogyakarta untuk mengidentifikasi perbaikan praktik komunikasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan.
Downloads
References
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., ... & Hardika, I. R. (2022). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Tohar Media.
Anggraini, F. D., & Utami, L. B. (2022). Upaya Meningkatkan Kinerja Waiter Atau Waitress Dalam Menunjang Keberhasilan Operasional Food and Beverage Service Terhadap Dampak Penjualan Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Mabha Jurnal 3.1 (2022): 10-18. https://doi.org/10.70018/mb.v3i1.36
A. Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing. Vol 64 (1) pp 12- 37.
Akakip, F. E. D., Ariwijaya, H., & Milang, I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Santika Luwuk. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 485-500.
Anshori, M. Y. (2023). Manajemen Hotel Antara Teori dan Studi Kasus Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.
Apsari, A. A. P. H. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi Internal Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. BPR Partha Kencana Tohpati Denpasar(Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Barnes, D., & Todd, F. (2021). Communication and learning revisited: Making meaning through talk. Routledge.
Bertalanffy, Ludwig von. (1972). General System Theory; Foundation, Development, Application, George Braziller, New York.
Creswell, John W & J. David Creswell. 2018. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. SAGE Publications, Inc.
Cui, T., Gine, G. R., Lei, Y., Shi, Z., Jiang, B., Yan, Y., & Zhang, H. (2024). Ready-to-Cook Foods: Technological Developments and Future Trends—A Systematic Review. Foods, 13(21), 3454.
Davis, B., Lockwood, A., Pantelidis, I. S., & Alcott, P. (2018). Food and beverage management. Routledge.
Derinta Entas, S. E., Murhadi, S., Suci Sandi Wachyuni, S., Heru Suheryadi, S., Baskoro Harwindito, S., Rahmat Gunawan, S., ... & Wahyudi Utomo, S. (2024). MANAJEMEN KATERING DALAM INDUSTRI TAMBANG. Penerbit Widina.
Dewi, I. C., Indrianto, A. T. L., Soediro, M., Winarno, P. S., Minantyo, H., Sondak, M. R., ... & Leoparjo, F. (2022). Trend Bisnis Food and Beverages Menuju 2030.
Dona, R. N., & Kurniadi, D. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Bandar Udara: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Keamanan. Journal of Engineering and Transportation, 2(1).
Hardjono, B., Widjaja, A. E., Kom, S., AR, M. G., Tjahyadi, H., Haryani, C. A., & Renatan, W. (2020). Komunikasi Nirkabel: dengan Aplikasinya di Bidang Telekomunikasi dan Informatika. Penerbit Andi.
Hendriyati, L. (2019). Pengaruh online travel agent terhadap pemesanan kamar di hotel mutiara malioboro yogyakarta. Media Wisata, 17(1).
Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar manajemen hospitality. Penerbit Nem.
Iswahyudi, M. S., Riana, N., Apriliyanti, M. I., Alfalisyado, S. E., CMP, M., Arini, D. U., ... & Sos, S. (2024). KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI BISNIS. CV Rey Media Grafika.
Kusyana, D. N. B., & Pratiwi, K. A. (2019). Skala Pengukuran Kualitas Layanan: Sebuah Kajian Literatur. Widya Manajemen, 1(2), 21-39.
Sari, A. A., Sos, S., Kom, M. I., Syaifullah, J., & Kom, M. I. (2018). Komunikasi organisasi. BuatBuku.com.
Wisnawa, I. M. B. (2024). Era baru loyalitas wisata: Menggabungkan digitalisasi dan autentisitas dalam pemasaran destinasi. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 4(1), 1-16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mabha Jurnal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.