EVALUASI GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KUALITAS PELAYANAN DEPARTEMEN FOOD AND BEVERAGE HOTEL HORAIOS MALIOBORO

Authors

  • Fera Dhian Anggraini Akademi Pariwisata Indraphrasta Yogyakarta
  • Kris Cahyani Ermawati Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.70018/mb.v5i1.73

Keywords:

Gaya Kepemimpinan , Motivasi Kerja, Kualitas Pelayanan

Abstract

Seorang pemimpin selayaknya dapat memberikan arahan, mengambil keputusan strategis, menginspirasi, memotivasi, dan mengelola sumber daya secara efektif guna mencapai kesuksesan perusahaan. Hotel yang merupakan sebuah organisasi perusahaan besar harus memiliki pemimpin yang tepat untuk menjalankan kegiatan operasionalnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja dan peningkatan kualitas pelayanan di Departemen Food and Beverage Hotel Horaios Malioboro. Jenis penelitiannya adalah kualitatif dengan metode pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan wawancara terstruktur terhadap enam karyawan Departemen Food and Beverage di Hotel Horaios Malioboro yang terdiri dari dua supervisor food and beverage dan empat waiter.

Hasilnya menjelaskan bahwa gaya kepemimpinan memiliki pengaruh signifikan dalam memotivasi karyawan dan meningkatkan kualitas pelayanan di Departemen Food and Beverage. Signifikansinya dapat dibuktikan dari hasil wawancara dan observasi dengan enam karyawan aktif Departemen Food and Beverage yang menyatakan bahwa pemimpin selalu berperan aktif dalam memotivasi karyawan melalui berbagai cara seperti memberikan dukungan moral, memberikan umpan balik konstruktif, dan memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan terkait operasional departemen. Signifikansi lainnya terlihat dari sikap mental pemimpin yang baik dalam memberikan energi positif kepada karyawannya serta memberikan dorongan internal kepada karyawan untuk berpartisipasi dalam segala bentuk aktivitas yang bertujuan mencapai kepuasan tamu melalui kualitas pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, L., Safaat dan Wardhani, P. S. 2020. Pengaruh Motivasi, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja dengan Memperhatikan Kepuasan Kerja Karyawan PT. Fajar Putra Plasindo Pasuruan. Journal Manajemen Sumber Daya Manusia, 1689–1699.

Arief, Abd. Rachman. 2005. Ilmu Perhotelan dan Restoran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arraniri, I., Firmansyah, H., Wiliana, E., Setyaningsih, D., Susiati, A., Megaster, T. dan Arif, M. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Insania.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Fitzsimmons, James A. dan Fitzsimmons, Mona J. 2011. Service Management: Operations, Strategy, Information Technology 7th edition. The McGraw-Hill International Edition.

Hasibuan, Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Komar, R. 2014. Hotel Management. Jakarta: PT Grasindo.

Luthfi, A., Norawati, S., Zulher, Z., dan Basem, Z. 2022. The effect of supervision, work motivation, and interpersonal communication on employee performance and organizational commitment as variables intervening. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development). Vol.5, No.1, 92-104.

Pratiwi, E. E. dan Idawati, L. 2019. Pengaruh Kepemimpinan yang Melayani, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Intrinsik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Lentera Harapan Sangihe. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol.7, No.1, 85-93.

Rivai. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, S.P. dan Judge T.A. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rohaeni, H. dan Marwa, N. 2018. Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol.2, No.2, 312-318.

Saputro, A. H. S. A. H. dan Muttaqin, R. M. R. 2023. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Niramas Utama Pada Divisi Modern Trade Di Kota Bandung: Bahasa Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi). Vol.9, No.4, 1563-1572.

Sitorus, Raja Maruli Tua. 2020. Pengaruh Komunikasi antar Pribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

31-05-2024

Issue

Section

Artikel